Rabu, 14 Desember 2016

Ingin Mulai Berwirausaha? Pastikan Anda Sudah Melakukan 5 Langkah Ini


Liputan6.com. Akan berhasil atau tidak usaha yang dibangun? Jika tidak, bagaimana dengan modal yang sudah dialokasikan untuk usaha? Ketakutan-ketakutan tersebut seringkali menghantui banyak orang ketika akan mulai berwirausaha.

Memang benar, membangun usaha sendiri tidaklah mudah, tetapi bukan hal yang juga tidak mungkin dilakukan. Siapa saja bisa sukses, asalkan usaha dibangun dengan benar. Oleh karena itu sebelum mulai berwirausaha, coba cek sudahkah Anda melakukan lima langkah ini?

1. Riset dan perencanaan matang
Merasa punya ide bisnis yang super hebat? Tunggu dulu. Sebelum mewujudkannya pastikan ide bisnis Anda tersebut relevan dan dapat diwujudkan di lokasi tempat Anda berbisnis. Tentukan target market Anda dan kenali mereka. Lakukan riset pasar, kemudian buatlah perencanaan bisnis yang jelas.

2. Cek dukungan finansial
Setelah Anda mantap dengan bentuk, jenis usaha, dan perencanaan, cek dukungan finansial. Apakah Anda bisa berjalan dengan modal sendiri, atau memerlukan tambahan asupan dana dari kredit usaha

3. Urus izin usaha
Setelah itu, perizinan usaha, dokumen pajak, dan dokumen-dokumen legal lainnya juga perlu diurus agar kelangsungan usaha di masa depan lebih mudah.

4. Bangun awareness
Mulai bangun awareness. Tentukan nama usaha, desain logo, kemudian beli domain untuk membuat website. Agar lebih profesional, miliki alamat email dengan domain perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan stakeholder lainnya.

5. Pilih sistem dan tools IT yang tepat
Karena baru memulai usaha, pilih sistem dan tools IT yang  tepat, dapat membantu efisiensi operasional usaha namun, pilih yang terjangkau. Dengan demikian biaya bisa dialokasikan lebih besar untuk promosi, membangun awareness, dan layanan pelanggan.

Saat ini Anda dapat memanfaatkan tools IT yang dapat memastikan efektivitas organisasi, kolaborasi, komunikasi, dan presentasi yang profesional yaitu Microsoft Office 365. Microsoft Office 365 juga memberikan kebebasan, fleksibilitas, dan efektivitas lebih maksimal dari Microsoft Office versi sebelumnya. Tentunya dengan tingkat  privasi dan keamanan yang tidak diragukan lagi.

Manajemen data, kolaborasi, dan komunikasi dalam perusahaan menjadi mudah. Anda dapat menggunakan sembilan aplikasi bisnisnya mulai dari Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, Microsoft Outlook hingga Skype for Business melalui PC, laptop, tablet, dan smartphone dengan sistem operasi iOS maupun Android secara terintegrasi.

Anda tidak harus berada di dalam kantor untuk mengurus usaha atau membuat keputusan. Komunikasi dan kolaborasi tetap dapat dilakukan meski Anda harus meeting di luar kantor, luar kota, hingga luar negeri. Skype for Business dapat mempermudah komunikasi jika memang perlu bertatap muka.

Jika tidak ingin membuang waktu akibat terjebak macet saat menuju lokasi meeting dan mengeluarkan banyak ongkos, meeting dengan stakeholder juga dapat dilakukan dengan praktis dan efisien dari kantor masing-masing. Lakukan dengan video conference melalui aplikasi Skype for Business.

Anda tidak perlu membuang kertas dan tinta printer untuk mencetak hand-out. Karena semua terintegrasi dalam sistem cloud computing, dokumen yang Anda punya dapat dibagikan, dibaca, dan diedit oleh semua orang dalam perusahaan Anda. Namun, sistem sharing data ini sangat aman karena Anda dapat memilih dokumen mana yang mau dibagikan, siapa saja yang boleh melihat dan bisa mengedit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar